Polsek Laweyan Gelar Silaturahmi Kamtibmas Dengan Pemilik / Pengelola Warnet dan Game Online

Surakarta – Menjawab keresahan warga tentang penyelenggaraan Warnet, game online dan Play Station, hari ini Polsek Laweyan mengundang para pemilik/pengelola dalam acara Silaturahmi Kamtibmas Kapolsek Laweyan Dengan Pemilik/Pengelola Warnet-Game Online, Selasa (10/12/2019).



Warga mengeluhkan penyalahgunaan Warnet yang diindikasikan sebagai tempat asusila serta jam operasional game online dan Play Station yang menyalahi aturan sehingga mengganggu ketertiban di lingkungan masyarakat.

Kapolsek Laweyan Kompol Ari Sumarwono, S.H., M.H. dalam acara ini menjelaskan aturan penyelenggaraan mengacu pada Perda Kota Surakarta No.4 Tahun 2016.

“Untuk mencegah perbuatan asusila, Warnet jangan membuat sekat atau bilik tertutup. Ketentuan pembatas adalah setinggi 30 cm dari meja komputer, sehingga aktifitas pengguna dapat terpantau oleh operator”, terang Kapolsek Laweyan.

Juga disampaikan mengenai jam opersional, sesuai Perda adalah dari pukul 06.00 sampai dengan 24.00 WIB.

“Jadi tidak ada Warnet, game online dan Play Station yang buka selama 1×24 jam”, tegasnya.

Kemudian mengenai penyelenggaraan Play Station sebagaimana diatur dalam Perda Usaha Rekreasi dan Hiburan Umum (URHU), selain ijin dari Pemerintah Kota, penyelenggara juga harus mengajukan ijin keramaian kepada Kepolisian.

“Selain aspek perijinan usaha, perhatikan juga aspek keamanan, aspek tanggung jawab sosial, kesusilaan, dan hukum. Jangan hanya memikirkan keuntungan usaha. Jangan ijinkan anak sekolah main game saat jam sekolah”, imbuh Kapolsek.

Dari kegiatan ini, dihasilkan kesepakatan dan komitmen bersama pemilik/pengelola Warnet, game online dan Play Station untuk mentaati Perda Kota Surakarta No.4 Tahun 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s