Polresta Surakarta Amankan, Hajad Dalem Hamangeti Warsa Dal 1951 di Keraton Solo

Polresta Surakarta – Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta Polda Jawa Tengah AKBP Ribut Hari Wibowo pimpin pengamanan hajad dalem hamangeti warsa dal 1951 yang diselenggarakan oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Minggu ( 3/12/2017 ) pkl 20.00 wib

Nampak hadir, Kapolda Jateng Irjend Pol Drs Condro Kirono, MM. MHum Pangdam IV Diponegoro Mayjend TNI Wuryanto, Sekda Provinsi Jawa Tengah Dr.Ir. Sri Puryono. D, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Ketua DPRD Kota Surakarta Drs Teguh Prakoso serta para sentono abdi ndalem lebih kurang 500 orang.

Tradisi adang tahun dal merupakan upacara yang diselenggarakan oleh Karaton Surakarta Hadiningrat. Upacara ini selalu jatuh pada hari Ahad Pahing malam Senin Pon setiap bulan Mulud tahum dal yang jatuh pada 8 tahun sekali. Pemilihan hari Senin pon di bulan Mulud karena merupakan weton atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW menurut kalender jawa. Di tahun ini Adang Tahun Dal .bertepatan pada hari Minggu malam Senin, 3.4 Desember 2017.

Pengageng Parentah Karaton, GPH Dipokusumo yang akrab dipangil Gusti Dipo mengungkapkan bahwa upacara ini merupakan symbol kebersamaan dan persatuan antara raja dengan masyarakat, dimana raja memasak nasi dengan tangan beliau sendiri untuk dibagikan kepada masyarakat. Selain itu momen ini juga sangat ditunggu oleh para abdi dalem karena dapat melihat langsung dhandang Kyai Duda peninggalan Dewi Nawangwulan. Dewi Nawangwulan adalah Seorang bidadari yang dicuri selendangnya oleh Jaka Tarub pada waktu mandi di sendang Sehingga tidak bisa pulang ke kahyangan. Selanjutnya Dewi nawangwulan diperistri oleh Jaka Tarub. Karena seorang bidadari Dewi Nawangwulan memiliki kesaktian dapat membuat Satu butir beras dimasak menjadi Satu dhandhang penuh nasi. Dhandhang inilah yang sampai Sekarang disimpan di keraton dengan nama Dandang Kyai Duda.
Selama kegiatan pengamanan berlangsung aman kondusif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s