Lebih 4 Kali Beraksi 2 Pelaku Penjambretan di Lumpuhkan Sat Reskrim Polresta Surakarta

Polrestasurakarta.com – Satreskrim Polresta Surakarta berhasil meringkus 2 orang tersangka penjambretan di jln. Moewardi yang terjadi pada tanggal 09 Agustus 2017 sekitar pukul 20.00 Wib.

Keberhasilan ini terungkap saat  Press Release oleh Kasat Reskrim Kompol Agus Puryadi  Jumat 18 Agustus 2017 pukul 10.00 Wib . Kedua tersangka  ini adalah Nur Kholik Bin Moh Khosim, 37 tahun, alamat Tlobong Rt 01 RW 09 Kl Sidoharjo Polanharjo Klaten  (sebagai otak penjambretan) dan Bagas  Mardiyansah alias Bagas, umur 20 tahun lamat Tlobong Rt 01 RW 09 Kl Sidoharjo Polanharjo Klaten ( sebagai eksekutor).

Pelaku di tangkap di rumahnya masing-masing,  karena tersangka Nur Kholik saat mau dilakukan penangkapan berusaha melawan dan melarikan diri maka di lakukan pelumpuhan dengan di tembak di kaki kanannya.

Dari penangkapan ini berhasil diamankan barang bukti Sebuah  sepeda motor Suzuki Smash Nopol AD 6323 MT, Sebuah sepeda motor Yamaha Vixon nopol AD 2174 OV, 3 buah HP, Dompet berisi identitas Korban, Sebuah jaket, Sarung tangan dan kaos yang di pakai saat beraksi, 6 STNK ( Yamaha Vixon Nopol AD 2939 EK, Honda Vario Nopol AD 4262 YO, Suzuki Smash Nopol AD 6323 MT, Yamaha Mio Nopol  AD 6182 NS, Honda Vario Nopol AD 6629 BV dan Toyota Kijang Nopol T 1324 AE ).

Menurut Kasat Reskrim Kompol Agus Puryadi “ Pelaku melakukan aksinya kepada korban yang dalam posisi lemah yaitu seorang perempuan dan posisi saat akan masuk atau memasuki barang ke mobil, kemudian pelaku melakukan aksinya dengan mengendarai sepeda motor Yamaha vixon kemudian melarikan diri “.  Dan pada saat melakukan aksinya ini korbannya adalah seorang anggota polri ( Polwan Polda DIY ) dan melaporkanya ke Polresta Surakarta , maka dilakukan penyelidikan dan berhasil menangkap 2 tersangka tersebut.

Menurut pengakuan tersangka bahwa mereka melakukan aksinya selalu berdua dengan sasaran perempuan yang mengendarai mobil dan akan memasukan barang ke dalam mobil. Dan telah melakukan aksinya lebih dari 4 kali. Hasil dari penjambretan ini uangnya di gunakan untuk membeli sepeda motor bodong ( hanya ada STNK ) kemudian sepeda motornya di sewakan.

Kepada tersangka dikenakan pasal 363 KUHP Pidana “ Diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun, barang siapa mengambil barang sesuatu , yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk di miliki secara melawan hukum yang dilakukan 2 (dua) orang atau lebih diancam karena pencurian”.  Untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya maka tersangka di lakukan penahanan di Polresta Surakarta guna penyidikan lebih lanjut.

“ Kepada masyarakat yang memiliki sepeda motor atau mobil dengan STNK dimaksud di atas dapat menghubungi Polresta Surakarta “ , Tegas Kasat Reskrim.

Humas Polresta Surakarta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s