“Rembug Kamtibmas Warga Pajang” Terobosan Waka Polresta Surakarta Dalam Memelihara Kedamaian dan Ketentraman Kota Solo

Polrestasurakarta.com.  Banyak cara yang bisa dilakukan guna melibatkan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di lingkinganya. Polsek Laweyan dalam hal ini Bhabinkamtibmas Kel. Pajang bekerjasama dengan sebuah ormas dengan nama ‘Generation Pajang Satoe’ (GPS) menggagas sebuah acara sarasehan dengan tajuk “Rembug Kamtibmas Warga Pajang”. Acara ini berlangsung pada hari Kamis (30/03/2017) pukul 20.00 – 22.00 WIB bertempat di Hotel Pajang Indah Jl. Joko Tingkir No. 22 Rt. 02 Rw. 02 Kel. Pajang Kec. Laweyan Surakarta. Sekitar 100 orang hadir dalam acara sarasehan ini dengan penanggungjawab kegiatan Ketua GPS Kristanto. Acara diselenggarakan dengan maksud menjadi sebuah ajang silaturahmi yang diisi dengan kegiatan sarasehan merembug situasi Kamtibmas dan masalah-masalah yang terjadi di Kota Surakarta dan khususnya di wilayah Kelurahan Pajang Kec. Laweyan.
Beberapa tokoh masyarakat Kel. Pajang hadir bersama warga dalam acara tersebut. Sementara itu dari kepolisian maupun pemerintahan juga tampak hadir diantaranya :
1. AKBP Andy Rifai SH, SIK, Wakapolresta Surakarta.
2. Kompol Saprodin SH MH, Kapolsek Laweyan Surakarta.
3. Kompol Suharmono, Kasat Binmas Polresta Surakarta.
4. Agung Riyadi SH MH, Camat Laweyan Surakarta.
5. Ibu Endang Sabar, Plt Lurah Pajang Laweyan.
6. Bhabinkamtibmas Polsek Laweyan.
7. Babinsa Kel. Pajang.
Dalam sambutannya, Ketua Generation Pajang Satoe (GPS) Kristanto menyampaikan bahwa
Generation Pajang Satoe hadir sejak tahun 2012. Generasi yang memikirkan bangsa Indonesia dan bercita cita agar organisasi ini dapat berkembang untuk murni menjadi sebuah gerakan sosial kemasyarakatan dan diharapkan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat.
Camat Laweyan Agung Riyadi SH MH juga menyampaikan harapannya agar organisasi GPS ini dapat memberikan kontribusi dan manfaat kepada masyarakat serta dapat membantu pemerintah setempat.
Sementara itu Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai SH SIK juga menyampaikan beberapa point penting pada acara tersebut, diantaranya :
– Zaman dahulu masyarakat sangat takut kepada Polisi, jarang Polisi duduk bersama nasyarakat dalam sebuah acara untuk membahas masalah-masalah yang terjadi di dalam masyarakat. Tetapi sekarang sudah lain, Polisi lebih bermasyarakat untuk melayani masyarakat.
– Tanggungjawab keamanan bukan oleh kepolisian saja, karena itu kepolisian mengajak masyarakat untuk pro aktif terhadap Kamtibmas salah satu contohnya adalah membantu dalam Siskamling atau memberikan informasi dalam hal apapun.
– Pencegahan preventif sangat perlu antisipasi terhadap gangguan kamtibmas dapat di minimalisir tetapi itu harus ada kolaborasi antara masyarakat dan kepolisian sehingga keamanan dapat tercipta .
– Budaya asli kita harus dilestarikan dan jangan terpengaruh budaya dari luar negeri.
– Kesatuan bangsa sangatlah penting apalagi saat ini teknologi sangat luar biasa. Jangan terpengaruh oleh berita berita bohong yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.
– Negara luar iri dengan potensi yang dimiliki oleh negara kita, mereka tidak ingin negara kita lebih maju, karena itu upaya merusak bangsa ini dilakukan dengan memecah belah persatuan melalui isu SARA, dengan Narkoba, dan mengikis jiwa nasionalisme kita. Maka dari itu kita harus dapat menjaga keamanan dan kenyamanan bangsa ini.
– Tentang Narkoba, jangan pernah mencoba, karena Narkoba bisa merusak syaraf. Menurut data dari BNN, pemakai Narkoba mayoritas pada usia remaja, usia produktif. Bagaimana bisa kita menyiapkan calon pemimpin bangsa kita kelak jika generasi penerusnya sudah terpengaruh oleh Narkoba.(Heri).

Humas Polresta Surakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s