Pelatihan Laka Lantas di Solo : Polsek LaweyanSurakarta Dukung Kegiatan Mahasiswa dalam Program “Penanganan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLF)”

img-20170227-wa0003
Polrestasurakarta.com.  Sebuah mobil yang penuh dengan penumpang melaju kencang dari arah barat Jalan Adi Sucipto Surakarta. Tepat di depan Kampus USAHID Surakarta, tiba-tiba muncul sebuah mobil yang keluar dari gerbang kampus dan memotong arus. Tak pelak kecelakaan pun terjadi, benturan yang sangat keras terdengar. Tak disangka bersamaan dengan kejadian itu sebuah motor yang dikendarai oleh tiga orang anak muda tanpa menggunakan helm juga melaju dari arah barat di jalur lambat. Karena tidak dapat mengantisipasi laju kendaraannya maka mereka pun menabrak mobil yang mengalami kecelakaan sebelumnya.
Masyarakat yang mengetahui kejadian tersebut segera menghubungi Polsek Laweyan untuk minta pertolongan. Tak butuh waktu lama, para petugas dari Polsek Laweyan dengan mobil patrolinya tiba di TKP. Mereka menjumpai kondisi di TKP masih utuh dan melihat setidaknya ada 3 korban mengalami luka berat dan 4 korban luka ringan. Dengan sigap petugas dari Polsek Laweyan segera melakukan TPTKP. Ada yang bertugas memeriksa kondisi korban, ada juga yang segera menggambar dan memasang police line, serta ada juga yang melakukan pengaturan lalu lintas. Karena kondisi korban luka berat dan harus segera mendapat pertolongan, maka salah satu petugas segera menghubungi rumah sakit terdekat untuk segera mengirimkan ambulance beserta petugas medis untuk melakukan evakuasi.
Ambulancepun datang beserta petugas medis. Mereka segera melakukan pertolongan pertama dan kemudian mengevakuasi para korban ke rumah sakit.

Cerita diatas adalah peragaan atau simulasi tanggap darurat dalam penanganan kecelakaan lalu lintas yang dilaksanakan oleh Polsek Laweyan bekerjasama dengan Universitas Sahid (USAHID) Surakarta dalam program yang bertajuk “Penanganan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLF)”. Simulasi yang dilaksanakan pada hari Minggu 26/02/2017 di USAHID Surakarta ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan sebagai salah satu program dari kampus untuk memberikan pelatihan penanganan terhadap korban kecelakaan.

Polsek Laweyan mendukung kegiatan ini dengan mengirimkan anggotanya untuk berpartisipasi dalam kegiatan simulasi sebagai bentuk pelayanan, mendekatkan diri dengan para mahasiswa dan upaya menjaga kemitraan yang telah terjalin baik dengan pihak kampus USAHID Surakarta.

USAHID Surakarta memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas pelayanan yang diberikan oleh Polsek Laweyan dan berharap kerjasama serta kemitraan yang baik ini dapat terus ditingkatkan.

Humas Polresta Surakarta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s