Lakukan Simulasi, Antisipasi Hari Buruh, Polresta Surakarta siapkan Dalmas dan Negosiator

image

Kepolisian Resor Kota Surakarta, Jawa Tengah, melakukan persiapan dan mengantisipasi Hari Buruh Sedunia, tepatnya pada tanggal 1 Mei 2016. Setelah apel pagi, seluruh anggota Polresta Surakarta yang terploting sebagai tim Negosiator, Dalmas Rangka maupun Dalmas Lanjut melaksanakan latihan simulasi unjuk rasa, Selasa (26-04-2016).

image

Pada latihan awal dilakukan terpisah berdasarkan bagian-bagian tersendiri. Tim Negosiator yang terdiri dari Polwan diberikan pengarahan dan pelatihan bagaimana cara menangani pendemo yang anarki dengan cara yang lebih sopan dan humanis.

image

Untuk tim Dalmas Awal yang merupakan gabungan dari seluruh anggota staf maupun opsnal dilatih kembali gerakan-gerakan penanganan awal seperti sikap siap, sikap pokok dan juga pemegangan tali Dalmas.

Dalmas Lanjut yang merupakan anggota Dalmas Polresta Surakarta menjadi tim yang maju ketika unjuk rasa mulai anarkis.

Usai latihan secara tersendiri, kemudian dilanjutkan dengan latihan gabungan yang dikondisikan seperti saat unjuk rasa sesungguhnya.

Wakil Kepala Satuan Sabhara Polresta Surakarta AKP Suwandi, mengarahkan seluruh tim untuk berjalan sesuai skenario simulasi. Dimulai dari tim Negosiator yang menjadi garis terdepan dalam menangani pengunjuk rasa, hingga berlanjut ke Dalmas Lanjut saat unjuk rasa menjadi semakin anarkis. 

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Drs  Ahmad Luthfi melalui Kasubbag Humas Polresta Surakarta mengatakan latihan ini diadakan agar kita lebih siap saat peringatan Hari Buruh.

“Supaya semuanya terkendali dan anggota lebih siap,” imbuhnya.

[Humas Polresta Surakarta]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s